Saturday, May 18, 2013

seni tari indonesia yang terkenal di dunia


Seni Tari Tradisional

Seni tari tradisional adalah ungkapan jiwa yang mengandung unsur keindahan dalam bentuk gerakan yang teratur sesuai dengan irama yang mengiringi setiap gerakan. Tari tradisional adalah keindahan gerak anggota-anggota tubuh yang bergerak, berjiwa, dan berirama. Tiga unsur utama yang terdapat dalam tari adalah wiraga (fisik), wirasa (penjiwaan atau ekspresi), dan wirama (iringan musik). Perbedaan antara Gerak tari dan gerak biasa terdapat dalam hal kehalusan gerakan, irama, tempo, dan iringan musik.

beberapa Jenis tari tradisional Indonesia yang Terkenal hingga Penjuru Dunia:

1. Tari Tradisional Bali
tari tradisional
Kesenian tari tradisional bali ini memang sangat di kagumi oleh banyak wisatawan mancanegara baik dari asia, eropa hingga amerika, tari tradisional anak bangsa indonesia yang semakin tersohor karena memilliki kekuatan seni yang dalam. Banyak turis yang mau berkunjung tidak hanya untuk menyaksikan saja tetapi belajar tari tradisional bali karena mereka suka sekali dengan cerita dan juga pertunjukan seni bali itu sendiri.

2. Tari Tradisional dari Aceh Tari Saman

tari tradisional
Tari tradisional saman termasuk dalam kategori seni tari yang sangat unik dan menarik. Keunikan tari saman ini terletak pada saat melakukan tarian  yakni dengan posisi duduk dan juga pada kekompakan gerakannya yang semakin lama semakin cepat dan sangat mengagumkan. Para penari saman dituntut untuk dapat bergerak serentak bersamaan dengan penari lainnya mengikuti irama musik yang mengiringinya.

3. Tari Tradisional dari Ponorogo (Reog Ponorogo)

Reog adalah salah satu Tari tradisional kesenian budaya yang berasal dari Jawa timur bagian barat-laut dan kota Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak yang merupakan dua figur yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan dan merupakan salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.

4. Tari Tradisional Pendet

tari tradisional
Tari Pendet merupakan Tari tradisional pemujaan yang banyak dilakukan di tempat ibadat bagi umat Hindu di Bali, Indonesia penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. I Wayan Rindi adalah pencipta tarian ini yang juga merupakan maestro tari yang dikenal luas sebagai penggubah tari pendet sakral yang bisa di pentaskan di pura setiap upacara keagamaan umat hindu bali. Seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi tarian ucapan selamat datang bagi para wisatawan, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Tontonan wajib bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Dewata adalah tari pendet.

5. Tari Tradisional Kecak

tari tradisional
Kecak adalah pertunjukan seni tari tradisional khas Bali yang dimainkan terutama oleh laki-laki yang mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka,  ada pula para penari lain yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, dan Sigriwa dan sudah ada sejak tahun 1930-an. Tarian ini dipertunjukkan oleh banyak penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan “cak” dan mengangkat kedua lengan, menggambarkan kisah Ramayana saat Rama dibantu  sekelompok Kera  yang berbaris  melawan Rahwana. Kecak sebenarnya adalah ritual kepada Sanghyang, penari tarian ini akan berada pada kondisi tidak sadar melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat setelah menari. Tari kecak tidak menggunankan alat musik apapun

6. Tari Tradisional Klasik Kraton Surakarta

tari tradisional
Semua gerakan baik itu tangan, kaki, badan maupun kepala memiliki aturan sendiri-sendiri  bahkan gerakan tertentu memiliki filosofi yang sarat pesan yang tidak sekedar melambangkan sebuah aktivitas gerak tubuh. Belum lagi pakaian yang harus dikenakan dan musik yang mengiringi tarian tersebut. Unsur-unsur itulah yang membuatnya berbeda dengan tari-tarian rakyat yang bersumber pada ekspresi masyakarat, tempat dimana tarian itu mulai dikenal.

0 comments: